6 tips menjaga kesehatan saat sibuk bekerja dikantor

Bagi yang bekerja di suatu perusahaan atau perkantoran pastinya rentan terhadap penyakit, seperti penyakit otot, yang berupa pegal – pegal , keram, kesemutan ataupun penyakit tulang yang seperti encok dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena pekerjaan yang mengharuskan kalian melakukan posisi yang sama dalam waktu yang lama, seperti duduk ataupun posisi yang lainnya.

1mei16_3

Untuk itu saya akan sedikit berbagi tips yang bisa kalian gunakan biar tetap sehat walaupun sibuk kerja di kantor

  1. Sejajarkan posisi telinga dengan bahu.
    Posisikan telinga agar sejajar dengan bahu. Atau begini usahakan kepala tidak menunduk ataupun mendongak, usahakan posisi kepala lurus. Jika kalian bersandar terlalu ke depan atau ke belakang, maka postur tubuh  akan menjadi tidak ideal atau agar tidak miring – miring gimana gitu.
  2. Lakukan olahraga untuk bahu dan dada
    Untuk melakukan olahraga ini, cobalah berdiri menghadap ke dinding lalu rentangkan kedua kaki agar sejajar dengan bahu. Tempelkan kedua tangan ke dinding, lalu tekuk siku hingga 90 derajat, lalu luruskan lagi (seperti gerakan push up). Lakukan gerakan ini minimal 10 – 15 kali, lebih banyak lebih baik. Setelah selesai, coba lemaskan bahu dengan cara menggerakkannya ke atas dan bawah dan memutarnya derajat untuk mengurangi rasa tegang di otot.
  3. Perhatikan Posisi kaki
    Cara duduk yang benar dan baik adalah dengan kedua kaki yang menyentuh lantai. Usahakan jangan menyilangkan kaki atau menempelkan kedua kaki. Atau Jika posisi duduk  dirasa membuat pegal, maka lakukan lah peregangan dengan berdiri dan melakukan gerakan untuk melemaskan seluruh bagian tubuh.
  4. Gerakkan punggung
    Saat duduk dalam waktu yang lama, punggung akan terasa pegal. Untuk mengurang rasa pegal tersebut Lakukan peregangan punggung sesekali dengan cara membusungkan dan membungkukkan dada secara bergantian. Gerakan ini bertujuan agar punggung lebih rileks. Lakukanlah lagi saat punggung terasa pegal kembali.
  5. Gunakan bantal untuk menyangga tulang belakang
    Jangan malu-malu untuk membawa bantal penyangga ke kantor. Karena dengan meletakkan bantal di kursi, maka posisi tulang belakang akan lurus. Selain bantal, kalian bisa menggunakan handuk yang di lipat atau digulung.
  6. Sering – seringlah bergerak
    Sering-seringlah bergerak, karena duduk berlama-lama dengan posisi yang kurang sempurna akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar dan ototpun akan melemah. Gerakan yang bisa kalian lakukan misalnya dengan cara menggunakan tangga biasa , jangan menggunakan lift atau eskalator.  Pilih juga toilet yang letaknya jauh dari ruang kerja agar kalian bisa lebih banyak bergerak.

nah itu adalah sebagian cara biar tetap bisa sehat walaupun sedang sibuk kerja di kantor.
semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s