Tono Furusato Mura

9april16_3

Satu image negara Jepang yang melekat begitu erat adalah keindahan alam yang tak terkira. Minna dapat menjumpai pegunungan hijau, lautan yang biru, sungai yang jernih hingga ikan koi yang ada di selokan! Dan menariknya, tempat-tempat menakjubkan ini banyak tersebar di seluruh penjuru Jepang.

Salah satunya adalah Tono Furusato Mura yang berada di Prefektur Iwate. Tono Furusato Mura merupakan desa yang seringkali menghiasi layar kaca Jepang. Dorama dan film banyak yang mengambil gambar di desa ini. Pemilihan ini tentu bukan tanpa alasan. Karena Tono Furusato Mura menyajikan sebuah desa tradisional dengan panorama menakjubkan.

9april16_31

Keindahan perkebunan dan persawahan yang diolah secara tradisional menjadi sisi menarik dari Tono Furusato Mura. Dari sini, pengunjung dapat belajar cara bercocok tanam secara tradisional yang ramah dengan alam. Bunga-bunga nan cantik akan menyelimuti area perbukitan dan inilah yang ditunggu-tunggu. Pengunjung dapat tenggelam di antara mekarnya bunga dan mengagumi sistem pertanian di sini.

Panorama ini mampu berpadu secara serasi dengan bangunan-bangunan tradisional dari kayu milik penduduk. Kita pun berkesempatan melihat rumah-rumah Jepang dengan halaman yang luas. Ciri khas rumah-rumah berukuran besar yang ada di area pedesaan.

9april16_32

Kabar baiknya, minna dapat menjajal beragam aktivitas super seru. Minna dapat mencoba bercocok tanam, membuat kerajinan dari bambu hingga mencicipi makanan khas Iwate. Penduduk lokal akan membimbing kita selama proses bercocok tanam maupun membuat kerajinan dari bambu. Siapa tahu tangan terampil mereka bisa menular pada kita ya. Sedangkan makanan-makanan lokal yang dapat dicoba adalah Jingisukan, Kanenari, dan Hittsumi.

Paling menarik saat musim dingin tiba. Rumah-rumah tradisional di Tono akan tertimbun salju. Sempatkan untuk melihat peta dan tentukan rute yang akan dipilih. Setiap bangunan di sana memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Setiap kali memasuki sebuah rumah selalu ada hal baru yang menanti. Seperti patung jerami yang dipercaya memberikan kesehatan hingga rumah yang dijadikan peternakan kuda. Setiap kali berjalan menuju rumah selanjutnya akan muncul rasa penasaran di dada. Ada apa lagi ya selanjutnya?
Jika kalian berkunjung ke jepang, dan mau ke rumah Tono berikut informasinya.

Alamat:
Tono Furusato Mura
5-89-1 Kamitsukimoushi, Tsukimoushi-cho

Buka:
09.00-17.00

Tarif:
Dewasa – 520 yen

Semoga bermanfaat 🙂

source in here

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s